Antisipasi Kekeruhan Air, PT Air Minum Tabalong Pakai Cara Ini…

Tabalong – Air baku atau air konsumsi yang disediakan oleh pt. Air minum Tabalong bersinar, 99 persen diambil langsung dari sungai Tabalong. Karenanya perlu adanya upaya ekstra untuk memproses air agar siap didistribusikan kepada masyarakat umum. Pasalnya saat memasuki musim hujan, debit air yang tinggi berdampak pada kadar kekeruhan air.

Untuk memastikan air yang diterima konsumen tetap jernih, direktur PT. Air Minum Tabalong Bersinar, Abdul Bahid, menjelaskan pihaknya menggunakan bahan kimia yang berbeda dari PDAM lain di kalimantan.

 “nah ini memerlukan kepiawan lah alhamdulillah ya dari kawan kawan yang sudah berpengalaman bisa mengatasi karena kita memfokuskan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggan, misalnya kan dari bahan kimia yang digunakan aja ini beda dengan pdam pdam yang lain itu karena beda kualitas bahan bakunya dengan kita” Kata Abdul Bahid- Direktur PT. AMTB.

Kepala bagian teknik PT. Air Minum Tabalong Bersinar Slamet Budi Santosa memastikan bahan yang mereka gunakan aman didistribusikan ke masyarakat. Lebih jauh ia menjelaskan pihaknya mencapurkan bahan kimia tawas dan PAC untuk mengurai tingkat kekeruhan air yang tinggi.

 “jadi kami di tahun 2022 ini kami lakukan e strategi dengan me mix ibaratnya mencampur, ada dua bahan kimia yang kami gunakan jadi disaat itu kekeruhannya rendah yang bisa diurai dengan tawas, kami pakai tawas, kalo misalkan begitu bahan air baku ini kekeruhannya tinggi dan tidak bisa diurai dengan tawas maka kami akan gunakan pac” Kata Slamet B. Santosa – Kepala Bagian Teknik PT.AMTB.

Ia juga menjelaskan bahwa tingkat kekeruhan air sungai saat musim banjir dapat mencapai angka diatas 1000. Sehingga perlu adanya usaha lebih, dalam menguraikan tingkat kekeruhan air tersebut seperti mengurangi produksi dan injeksi bahan kimia secara perlahan. (Muhammad Arie Arieyadi).

Next Post

Rapat Dengan Disdik, Komisi I DPRD Tabalong Beri Sejumlah Masukan

Kam Jan 27 , 2022
Tabalong – Komisi  I Dprd Tabalong bersama mitra kerjanya Dinas Pendidikan Tabalong menggelar rapat dalam membahasprogram kerja tahun 2022 dan rencana kerja tahun 2023. Dalam kesmepatan ini Komisi I menyampaikan persetujuan mereka akan program kerja Dinas Pendidikan di tahun 2022. Sedangkan untuk rencana kerja di tahun 2021, komisi satu memberikan beberapa […]