Antisipasi Cuaca Ekstrim, Pemkab Tabalong Siapkan Siaga Bencana

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar apel siaga bencana, pada 13 November 2020 di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan. Apel siaga bencana untuk mengantisipasi cuaca ekstrim fenomena alam la nina yang terjadi memasuki musim penghujan. Fenomena la nina berpotensi mengakibatkan, banjir, longsor bahkan angin puting beliung.

Apel siaga bencana yang digelar pemerintah kabupaten Tabalong dihadiri Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, perwakilan Polres Tabalong dan Kodim 1008 Tanjung, serta diikuti personil TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, RAPI, Dishub, Damkar, Basarnas, Dinsos serta UPBS se-Tabalong.

Apel ini sendiri mengawali aktifnya posko siaga bencana. Bupati tabalong, anang syakhfiani, menyampaikan siaga bencana ini merupakan bentuk kesiapan dalam mengantisipasi dan menangani bencana untuk menekan dampaknya.

 “Apel ini sekaligus menunjukkan kesiap siagaan kita dalam menghadapi bencana, kita sadar bahwa bencana bisa datang kapan saja, dan dimana saja, melalui upaya seperti ini diharapkan kita dapat meminimalisi timbulnya kerugian yang lebih besar akibat bencana.” Kata Anang Syakhifiani

Usai apel, bupati tabalong bersama perwakilan Polres Tabalong dan Kodim 1008 tanjung serta BPBD Tabalong, memeriksa kesiapan peralatan petugas. Peralatan seperti, baju pelampung, perahu karet, serta dapur lapangan, menjadi peralatan utama, mengingat bencana banjir masih berpotensi terjadi di tabalong. Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menuturkan, kesiap siagaan terjadinya bencana, dapat membuat evakuasi menjadi lebih mudah. Sehingga dapat menekan dampak atau kerugian dari bencana alam.

Next Post

Tak Mau Kalah Dari Kaum Laki Laki, UPBS Wanita Jadi Sorotan Bupati Tabalong Pada Apel Siaga Bencana

Jum Nov 20 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Kegiataan kemanusiaan terutama yang terkait dengan bencana umumnya dilakoni oleh kaum laki-laki. Namun di Tabalong kini mulai ramai kaum perempuan berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan penanganan bencana, melalui unit penanggulangan swadaya bencana, atau UPBS. Hal ini […]
error: