Amparan Tatak, Wadai Primadona Untuk Berbuka Puasa

TVTABALONG – Masyarakat banjar, khususnya Tabalong memiliki kekayaan kuliner, khususnya kue atau yang biasa disebut wadai. Nah uniknya berbagai jenis wadai khas ini hanya keluar pada saat ramadhan, yang biasanya banyak dijual di Pasar Ramadhan, sebagai sajian untuk berbuka puasa.

Berbagai wadai atau kue khas Banjar, yang biasa dijumpai saat Ramadhan seperti hula-hula, sari india, bingka babanam, bingka barandam dan beragam jenis lainnya. Namun ada satu jenis wadai yang paling banyak dicari masyarakat, yaitu wadai amparan tatak.

Amparan tatak, yang merupakan kue basah berbahan dasar tepung beras berlapis pisang serta santan ini, sangat diminati oleh warga Tabalong. Rasanya sangat manis gurih, terasa cocok untuk menjadi sajian saat berbuka puasa.

Wadai amparan tatak selalu menjadi primadona yang paling diminati masyarakat. Rasanya yang manis dan harganya terjangkau, yaitu kisaran 10ribu sampai dengan 15 ribu rupiah per potong, menjadi kue yang selalu pertama kali habis dibandingkan jenis kue basah lainnya.

Mila, pedagang kue tradisional mengaku, amparan tatak merupakan kue basah yang selalu dicari-cari. Cita rasa yang manis serta ciri khas lemak santan diakuinya menjadi salah satu alasan kue ini banyak diminati oleh masyrakat.

Pedagang lainnya, Jaitun mengaku amparan tatak menjadi jenis wadai atau kue yang pertama habis terjual. Dan wadai ini diakuinya sudah menjadi wadai favorit masyarakat tabalong sejak dahulu.

Meski ada banyak jenis kue tradisional lainnya,seperti,kararaban,lapis pandan, dan si antah, amparan tatak selalu menjadi pilihan nomor satu di kalangan masyarakat. (Maria Ulfah).

Next Post

120 Anggota Karang Taruna Tabalong Dilatih Manajemen Organisasi

Sel Apr 27 , 2021
TVTABALONG – Dinas Sosial Kabupaten Tabalong memberikan bimbingan teknis bagi karang taruna se Kabupaten Tabalong, pada 21 April 2021. Bimtek dibuka Bupati Tabalong Anang Syakhfiani. Bimtek diikuti 120 orang peserta yang terdiri dari 40 Karang Taruna se Tabalong, yang dibagi dalam dua sesi. Pada bimtek ini, pengurus Karang Taruna diberikan […]