Alat Baru PMI Tabalong Mampu Saring Penyakit Menular Melalui Darah

TABALONG – Unit Donor Darah PMI Tabalong, kini dilengkapi dengan alat penyaring darah, atau Chemiluminescence Immunoassay Analyzer. Alat yang baru datang ke PMI Tabalong sekitar seminggu lalu ini, berfungsi untuk memeriksa dan menyaring infeksi yang dapat ditularkan melalui tranfusi darah. Seperti Hepatitis B, Hepatitis C, Sifilis, dan HIV.

Sebelumnya untuk memeriksa infeksi pada darah yang didonorkan, harus dilakukan di RSUD Badaruddin kasim. Petugas di PMI Tabalong, dokter Fida Iqbal maulana menjelaskan dengan ketersediaan alat ini di PMI Tabalong, dapat mempermudah dan mempercepat proses penyaringan.

 “yang baru ini kami sebut ChLIA  Chemiluminesence Immunoassay Analyzer fungsinya untuk salah satu metode untuk menyaring penyakit yang bisa menginfeksi melalui darah atau disebut penyaringan dari infeksi menular lewat transfusi darah, untuk sementara alatnya baru datang baru seminggu ada d PMI jadi nantinya kalau jalan rencananya dibulan depan ini jadi perbedaannya adalah dulu kami ketika ada darah darah y diperiksakan di RS nah kalau sekarang bisa diperiksakan langsung di PMI nah bedanya lagi adalah alat ini sudah pakai sistem otomatis jadi sistem otomatis ini mempermudah atau mempercepat prosesnya untuk menyaring dari penyakit yang  bisa lewat transfusi darah tersebut.” Kata dr. Iqbal Fida Maulana, Petugas PMI Tabalong.

Dokter Fida menambahkan, sebelumnya untuk pemeriksaan cepat pihaknya menggunakan metode rapid, yang memiliki akurasi rendah. Sedangkan dengan mesin ini pemeriksaan dilakukan dengan mudah dengan tingkat akurasi tinggi. (Al Munawarah).

Next Post

Ditanya Soal Layanan Donor Plasma Konvalesen, Ini Jawaban PMI Tabalong...

Kam Sep 2 , 2021
TABALONG – Pasien covid-19 di Kabupaten Tabalong kesulitan mendapat donor plasma konvalesen. Hal ini dikarenakan tidak tersedianya alat untuk mendonor plasma konsevalen di Tabalong, sedangkan pasien yang membutuhkan donor harus dirujuk ke Banjarmasin. Petugas pmi tabalong, dokter iqbal fida maulana menjelaskan donor plasma konsevalen saat ini dikalsel hanya bisa dilakukan […]