Agar Penyaluran Gas LPG Tepat Sasaran, Komisi 2 DPRD Tabalong Sarankan Buat Kartu Kendali

Tabalong – Komisi Dua DPRD Tabalong, meminta dinas terkait untuk membuat Kartu Kendali Gas LPJ 3 Kilogram. Hal ini dilakukan agar gas bersubsidi tersebut tetap sasaran bagi warga kurang mampu. Pasalnya komisi dua dprd tabalong, banyak menerima keluhan masyarakat terkait kelangkaan gas LPJ 3 kilogram.

Hal ini disampaikan Komisi Dua kepada pihak terkait seperti Diperindag, Dinas Sosial dan Bagian Ekonomi Pemkab Tabalong, serta pihak terkait lainnya. Ketua Komisi Dua DPRD Tabalong, sumiati menilai pendistribusian LPJ 3 kilogram banyak tidak tepat sasaran, hingga pemerintah perlu kendali dalam hal pendistribusiannya. Salah satunya menurut Sumiati dengan membuat kartu kendali, dari data warga miskin by name by addres yang ada di Dinas Sosial.

”Tindak lanjut dari rapat hari ini yang pertama kami meminta dinas sosial ekosda disperindag untuk segera membuatkan kartu kendali dan data by name by addres yang disediakan Dinas Sosial dan Dinas Perindag agar segera menetapkan harga tertinggi dan sesegeranya membuat data itu dan seterusnya untuk diteruskan ke komisi dua.” Jelas Sumiati.

Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Tabalong, Norzain Ahmad Yani, mengakui kelangkaan terjadi karena pendistribusian gas LPJ 3 kilogram tidak tepat sasaran. Selain itu harga ditingkat pengecer menjadi mahal, akibat dari kelangkaan barang.

”jadi kita harus mengupayakan LPJ 3 kilogram ini bias sampai tepat sasaran caranya tadi adalah dengan misalnya dengan mengeluarkan kartu kendali jadi disetiap pangkalan ada kartu kendali supaya jelas yang boleh membeli di situ.” Ujar Norzain.

Menindaklanjuti permintaan komisi dua, Kepala Bagian Ekonomi Dan Sumber Daya Alam Pemkab Tabalong, Husin Anshari mengatakan akan membahas teknis pembuatan sistem kartu kendali dengan para agen dan distributor.

”kita akan kumpul dengan agen distributor dengan dinas teknis untuk membahas itu bagaimana membuat kartu kendali sehingga yang membeli gas tiga kilo itu adalah orang yang tepat sasaran, kami akan mengundang beberapa distributor termasuk dengan pertamina kalau bias didatangkan kami undang baik membahas tidak tepanya penerima atau pembeli.” Jawab Husin.

Pemerintah daerah juga diminta untuk membuat semacam peraturan untuk mengatur harga gas LPJ 3 kilogram di tingkat pengecer. (Munawarah)

Next Post

Dampak Covid-19, Penjualan Ikan Menurun Hingga . . .

Rab Apr 29 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Dampak yang dirasakan oleh masyarakat khususnya pengusaha ikan akibat dari pendemi covid-19, membuat serapan penjualan ikan menurun. Pasalnya pelaku usaha dari berbagai rumah makan,restoran,hotel, dan pasar, tidak banyak membeli ikan karena menurunnya angka konsumsi saat […]
error: