98,2 % Masyarakat Tabalong Tercover Jaminan Kesehatan

Tabalong – Sejak awal tahun 2020, masyarakat Tabalong dapat mengakses layanan kesehatan gratis, hanya dengan menunjukkan KTP. Pasalnya masyarakat Tabalong yang belum memiliki jaminan kesehatan, telah didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan oleh pemerintah daerah, melalui Program Universal Health Coverage, UHC.

Hal ini disampaikan dalam rapat evaluasi kerja Komisi Satu DPRD Tabalong bersama Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan, dan RSUD Haji Badaruddin Kasim, terkait layanan kesehatan di Tabalong. Saat ini pihak BPJS Kesehatan Tabalong masih dalam proses pengepakan kartu peserta, yang rencananya akan didistribusikan pada awal april mendatang. Namun meski tidak memiliki kartu pesrta BPJS Kesehatan, masyarakat tetap dapat mengakses layanan kesehatan gratis hanya dengan menunjukkan nomor induk KTP yang valid.

Jadi kita ini masih dalam proses pengepakan,jadi kepada masyarakat yang berobat puskesmas cukup dengan membawa KTP. Jadi nanti petugas akan mengentri di system dengan nomor NIK, tapi seandainya tidak ketemu, akan diusulkan ke Dinas Kesehatan lalu ke kami.” Ujarnya.

Sejak 1 januari 2020, Tabalong hampir mencapai predikat UHC, dimana 98,2 persen masyarakatnya telah tercover jaminan kesehatan. Idehan Halik menjelaskan, masih ada sekitar 2 persen masyarakat Tabalong yang belum tercover jaminan kesehatan. Hal tersebut dikarenakan NIK KTP orang dimaksud tidak valik di data kependudukan. (Rangga)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Bantuan Sembako Bagi Warga Pra Sejahtera Akan Disalurkan

Kam Mar 26 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Kementerian Sosial Republik Indonesia menaikkan jumlah bantuan untuk program bantuan pagan non tunai, yang sekarang berganti nama menjadi ‘bantuan program sembako’. Kenaikan sebesar 50 ribu rupiah per bulan, akan diterima setiap keluarga penerima manfaat. Kenaikan […]
error: Content is protected !!