9 Desa Di Muara Uya Susun RPJMDES, Camat : Kami Harap Selaras Dengan RPJMD Tabalong

Tabalong – Pemerintah Kecamatan Muara Uya memberikan pelatihan penyusunan dan review rpjmdes se kecamatan muara uya untuk tahun anggaran 2022. Pelatihan digelar di Aston Hotel Tanjung, Kelurahan Mabuun, pada 1 Maret 2022.

Dari 14 desa yang ada di Kecamatan Muara Uya, sebanyak 9 desa melakukan penyusunan rpjmdes untuk masa jabatan periode 2021 sampai 2027. Sedangkan 5 desa melakukan review pelaksanaan RPJMDES untuk jabatan Kepala Desa Periode 2019 sampai 2025.

Ketua Apdesi Kecamatan Muara Uya, Rusdi menjelaskan, penyusunan rpjmdes jangka 6 tahunan kebanyakan terkendala di bagian administrasi. Sehingga melalui pelatihan ini, peserta dibekali pembenahan administrasi, agar rpjmdes berjalan sesuai visi misi kepala desa terpilih, serta singkron dengan visi misi kepala daerah tabalong.

“makanya disitu kitakan membentuk tim dalam penyusunan rpjmdes, setiap kepala desa terpilih itu wajib menyusun RPJMDES kadang-kadang kendala kita yaitu di administrasi.” Kata Rusdi, Ketua Apdesi Kecamatan Muara Uya.

Camat muara uya, abdul wahid berharap penyusunan rpjmdes sinkron dengan RPJMD Kabupaten Tabalong. Sehingga arah kebijakan dalam perencanaan rpjmdes dapat berjalan baik dan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Muara Uya.

“kita berharap penyusunan rpjmdes di kecamatan muara uya ini tersinkronisasi atau konek dengan rpjmd kabupaten tabalong juga konek dengan rpjm provinsi dan rpjm pusat” Kata Abdul Wahid, Camat Muara Uya.

Agar pelaksanaan arah kebijakan RPJMDES berjalan optimal selama 6 tahun, maka pemerintah kecamatan muara uya melakukan review atau evaluasi terhadap RPJMDES minimal 2 tahun sekali. Sehingga jika terjadi perubahan baik di daerah atau pun pusat maka RPJMDES disesuaikan. (Nova Arianti).

Next Post

Baut Hilang Jembatan Pangkalan Dipasang, Ini Pesan DPUPR....

Kam Mar 3 , 2022
Tabalong – Tim reaksi cepat jembatan bidang bina marga Dinas Pupr Tabalong, melakukan pemasangan baut jembatan pangkalan yang hilang, pada Rabu 2 Maret 2022. Selain pemasangan baut, TRC jembatan juga mengencangkan seluruh baut jembatan. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari warga sekitar, hilangnya baut-baut yang ada di jembatan ini terjadi sejak […]