7 Kelompok Prima Murung Pudak & Tanjung Dilatih Jadi Wirausaha

TVTABALONG – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tabalong, memberikan pelatihan keterampilan bagi angkatan kedua Kelompok Perempuan Indonesia Maju Mandiri tahun 2021, pada 7 April 2021, di kantor Kecamatan Murung Pudak. Pelatihan diberikan pada 35 perempuan yang terbagi dalam 7 kelompok prima. Peserta berasal dari kelurahan Mabuun, Desa Maburai, dan Kasiau Raya Kecamatan Murung Pudak, serta Desa Mahe Seberang, Wayau, dan Pamarangan Kiwa Kecamatan Tanjung.

Pelatihan ini rangkaian kegiatan pengarusutamaan gender di Kabupaten Tabalong. Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi berharap, para peserta pelatihan tak hanya sekedar mengikuti pelatihan dan mendapat bantuan peralatan, namun juga dapat mengaplikasikan dan memasarkannya, sehingga turut menambah ekonomi keluarga.

 “Kita berharap para peserta ini bukan hanya sekedar mengikuti kemudian dapat peralatan dan lain sebagainya, tapi kita berharap mereka memang betul-betul dapat penghasilan tambahan keluarga disini, dapat membuat kue, kemudian memasarkannya, kemudian mendapatkan hasil sehingga dapat menambah ekonomi keluarga.” Tutur Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi.

Camat Murung Pudak, Putra Perdana menilai, pelatihan ini bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi kelompok wanita, untuk membuka wirausaha baru. Terlebih lagi pelatihan keterampilan yang diberikan berupa pelatihan tata boga, membuat makanan siap saji yang saat banyak digemari masyarakat.

“Dimana kegiatan ini kami rasa sangat bermanfaat bagi kelompok-kelompok wanita dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kompetensinya terutama dalam rangka membuka wirausaha baru. Dan kebetulan hari ini untuk Kecamatan Murung Pudak dan Kecamatan Tanjung ini, pelatihan keterampilan yang dilaksanakan berupa pelatihan tata boga, yaitu pembuatan siomay, nugget, dan makanan-makanan yang memang siap saji yang pada saat ini sangat trend atau sangat booming.” Kata Camat Murung Pudak, Putra Perdana.

Selain memberikan pelatihan keterampilan, DP3AP2KB Tabalong juga menyerahkan bantuan alat memasak, kepada 7 kelompok prima yang mengikuti pelatihan. Bantuan ini untuk menunjang pelatihan keterampilan, dan digunakan untuk kelompok prima di masing-masing Kelurahan dan Desa. (Alfi syahrin).

Next Post

35 Ibu Rumah Tangga Belajar Cara Olah Makanan Berbahan Ikan Patin

Sab Apr 10 , 2021
TVTABALONG – Sebanyak 35 orang ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok Perempuan Indonesia Maju Mandiri, mendapatkan pelatihan keterampilan tata boga dari DP3AP2KB Tabalong. Pada pelatihan yang dilaksanakan pada 7 April 2021 lalu, peserta diajarkan cara pembuatan berbagai makanan olahan berbahan dasar komoditi lokal, yakni ikan patin. Ikan patin yang […]