60 Hektar Lahan Sawah Milik Warga Tabalong Rusak Akibat Banjir

TABALONG – Selain pemukiman warga, banjir yang terjadi dalam beberapa hari terakhir di Tabalong juga merendam area persawahan warga. Sebanyak 1.441 hektar lahan sawah di 9 Kecamatan di Tabalong terendam banjir. Selasa (19/01).

Dari luasan lahan yang terendam tersebut, sekitar 60 hektar lahan sawah di 3 kecamatan mengalami kerusakan. Yaitu di Kecamatan Muara Uya 9 hektar, Kecamatan Jaro 37 hektar, dan kecamatan haruai 14 hektar.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Tabalong, Rahman Effansyah memaparkan, kerusakan juga terjadi pada 112 kilo bibit padi yang masih dalam proses persemaian. Dengan rincian di Kecamatan Haruai 25 kilo, Kecamatan Tanta 86 kilo, dan Kecamatan Tanjung 1 kilo.

Pihak Dinas Pertanian pun berencana mengusulkan bantuan benih padi pada pemerintah provinsi maupun pusat.

rencana memang ada kami ini usulkan nya keprovinsi nanti jadi sebenarnya memang sudah masuk data ke provinsi rencana kalau ada lagi ini masih berjalan nih sampai kapan habis banjir rencana nanti bantuannya kalo gak dari provinsi dari pusat. Benih berupa benih padi.” Jelas Effan.

Jumlah kerusakan masih berpotensi bertambah, lantaran sebagian wilayah di Tabalong, khususnya wilayah selatan masih terendam banjir.

Dinas Pertanian pun saat ini masih melakukan pemantauan dan pengumpulan data di dilayah tersebut. (Rangga)

Next Post

Bupati & Forkopimda Tabalong Pantau Banjir di Selatan

Jum Jan 22 , 2021
BANUA LAWAS – Bupati Tabalong bersama jajaran Forkopimda melakukan tinjauan ke wilayah selatan Tabalong. Kunjungan dilakukan di 3 desa, diantaranya Desa Jirak Kecamatan Pugaan, Desa Batang Banyu dan Desa Sungai Durian Kecamatan Banua Lawas. Rabu (20/01) Tinjauan dilakukan untuk memantau bencana banjir yang masih menggenangi pemukiman warga di beberapa desa […]