6 UPPB Dapat Bantuan Gudang Karet Tahun Ini

TVTABALONG – Untuk memperbaiki pendapatan para petani karet, sejak tahun 2015 Dinas Pertanian Tabalong membangun Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB). Melalui UPPB, pemerintah daerah sekaligus berniat mengedukasi para petani untuk meningkatkan mutu karet, sehingga memiliki nilai tawar yang tinggi.

Untuk meningkatkan operasional UPPB, hingga tahun 2016 sebanyak 9 UPPB telah diberikan bantuan pembangunan gudang. Gudang dimanfaatkan sebagai tempat untuk mengeringkat karet, sehingga berkualitas tinggi.

Tahun 2020 ini, pemerintah kembali akan menyalurkan bantuan pembuatan gudang bagi 6 UPPB yang ada di Tabalong. 3 diantaranya juga akan mendapatkan alat pembuatan asap cair, yang merupakan pembeku latek agar menghasilkan karet berkualitas.

“Tahun depan kita usahakan, CPCL sudah kita mulai, gudang mendapat 6 unit, alat pembeku latek mendapat 3 unit”kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Tabalong, Saleh

“Dari data CPCL yang sudah kita masukan diantara di Jaro di Nalui, Kasiau Raya, Padang Panjang, Jangkung dan Bongkang”tambahnya

Keenam UPPB yang akan mendapat bantuan gudang, diantaranya UPPB di Desa Nalui, Kasiau Raya, Padang Pajang, Jangkung, Desa Bongkang dan Burum. Sedangkan yang mendapat bantuan alat pengolah asap cair yaitu UPPB di Desa Nalui, Desa Padang Panjang, dan Kasiau Raya.

Dengan demikian, dari 19 UPPB yang ada di Tabalong, tahun 2020 ini, 15 diantaranya memiliki gudang karet. Sedangkan 4 sisanya masih diupayakan untuk mendapat bantuan serupa.(Normansyah)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Dishub Perluas Layanan Angkutan Gratis

Kam Jan 9 , 2020
TVTABALONG – Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Perhubungan, akan memperluas pelayanan angkutan kota, baik umum maupun pelajar. Perluasan layanan akan dilakukan ke wilayah utara dan selatan Kabupaten Tabalong. Dengan perluasan layanan tersebut, Dinas Perhubungan berencana menambah angkutan kota untuk memaksimalkan pelayanan. Penambahan angkutan disarankan di induk dan perubahan, […]