5 SKPD & 1 ULP Jadi Sampel Survei Penilaian Integritas

TVTABALONG – Guna meningkatkan kesadaran risiko korupsi dan perbaikan sistem anti korupsi di daerah, Inspektorat Daerah Tabalong bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabalong, melakukan sosialiasi Survei Penilaian Integritas (SPI) pada Rabu (25/9/2019), di Aston Tanjung City Hotel.

SPI akan dilaksanakan mulai dari bulan oktober hingga november 2019, pada 5 SKPD dan 1 ULP yang akan menjadi sampel. 5 SKPD tersebut yakni Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas PUPR, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan 1 unit layanan pengadaan bagian pengadaan barang dan jasa pemerintah. 

Dipilihnya 6 SKPD tersebut, karena sudah menjadi arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi. Selain itu SKPD tersebut juga langsung berhubungan dengan masyarakat.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan, sosialiasi SPI ini sangat penting untuk diikuti oleh SKPD yang terlibat. Karena dari 6 SKPD tersebut, masing-masing SKPD memiliki 30 responden, yang terdiri dari kepala SKPD hingga bawahannya

“kita ingin membuat potret tentang integritas di jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong. bayangkan kita memiliki 30 SKPD lebih, dan yang mau di potret ini 6 saja, kalau 6 ini tidak beres lantaran kepala SKPD nya tidak ngerti tentang kegiatan survei ini, maka hasil surveinya akan jelek

“Dan ketika hasil survei ini sudah dirilis oleh KPK, Alhamdulillah kalau hasilnya bagus. Maka kalau nilainya tidak bagus mulai saat itulah kawan-kawan di 6 SKPD ini akan terus di bawah pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi, makanya 6 ini yg paling menentukan”

Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Tabalong, Nooryadi mengatakan, setelah dilakukan Survei Penilaian Integritas, kegiatan selanjutnya yakni pemerintah membuat laporan hasil SPI, dan pada awal tahun 2020 mendatang pemerintah daerah menyampaikan laporan kepada KPK terkait hasil pelaksanaan SPI.

setelah SPI dilaksanakan, kan sudah bisa dilihat peta daripada integritas di daerah kita. Selanjutnya oleh pemerintah pusat melalui kegiatan ini selalu berlanjut, kalau sudah bagus berlanjut untuk mempertahankan bahkan bisa membawa inovasi menuju pemerintahan good goverment”

Ada beberapa definisi penilaian dalam Survei Penilaian Integritas, yakni budaya organisasi, pengelolaan SDM, pengelolaan anggaran dan sistem anti korupsi. (Sherly Nova Arianti)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Pengurus PWI Tabalong Masa Bakti 2019-2022 Resmi Dilantik

Sel Okt 1 , 2019
TVTABALONG – Sebanyak 28 pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tabalong, masa bakti 2019-2022 akhirnya resmi dilantik, Senin (30/9/2019). Sabirin Sukran Nafis kembali terpilih sebagai Ketua PWI Kabupaten Tabalong untuk menjabat tiga tahun ke depan. Pelantikan dilakukan oleh Ketua PWI Kalimantan Selatan, Zainal Helmi. Dilanjutkan dengan penyematan Pin PWI kepada […]