5 Pasar di Tabalong Akan Direvitalisasi, Pengamat: Sudah Selayaknya

TABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong berencana melakukan revitalisasi 5 pasar yang tersebar di Kabupaten Tabalong. Revitalisasi Pasar akan dilakukan bertahap karena harus memperhatikan sejumlah aspek yang sesuai standar nasional. Revitalisasi pasar ditujukan untuk menghilangkan kesan kumuh dan meningkatkan kenyamanan, sehingga menarik kembali minat konsumen berbelanja di pasar tradisional.

Wahyu Wibowo yang juga merupakan pengamat ekonomi di Tabalong menilai, kondisi pasar di Tabalong sudah selayaknya direvitalisasi. menurutnya revitalisasi harus dilakukan dari bentuk fisik bangunan, hingga menyasar aspek manajemen. sehingga pasar tradisional lebih nyaman dan bersih sehingga dapat meningkatkan transaksi jual beli.

” Sebenarnya kalau kita lihat dari daya saing pasar pasar modern yang dilakukan oleh pasar pasar modern tersebut, tentu ini aspek manajemen yang harus menjadi prioritas perhatian kita, seperti yang saya sampaikan bahwa program revitalisasi ini tidak hanya fisik bangunannya saja yang direvitalisasi, tetapi ada keberlanjutan setelah program revitalisasi fisik yakni revitalisasi manajemen, nah revitalisasi manajemen iniĀ  tentu kita harapkan dari pemerintah daerah juga bisa melibatkan dari beberapa stakeholder yang bisa mengawal untuk bagaimana pedagang pedagang kita ini memiliki daya saing, tentu dengan beberapa pendekatan dari situasi dan kondisi saat ini, digitalisasi ini juga perlu proses pemberdayaan terhadap para pedagang kita” Kata Wahyu Wibowo, Pengamat Ekonomi.

Wahyu juga mengingatkan agar revitalisasi pasar tetap mempertahankan aspek sosial ekonomi, terutama untuk mengakomodir pedagang formal maupun informal, agar lebih maksimal. Pasar yang berkembang dinilai akan turut mempengaruhi perkembangan UMKM di suatu daerah. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Pasar Agribisnis Akan Hadir di Tabalong, Pemkab: Petani Lokal Jadi Pemasok Utama

Sen Jul 19 , 2021
TABALONG – Untuk meningkatkan kesejahteran petani, Pemerintah Kabupaten Tabalong berinovasi salah satunya dengan rencana pembangunan pasar agribisnis. Melalui pasar agribisnis, Pemkab Tabalong mengutamakan agar para pedagang diisi oleh petani lokal. Hal ini dibahas dalam ekspos rencana pengembangan kawasan hortikultura berbasis kemitraan, yang digelar Dinas Pertanian Tabalong bersama asisten bidang perekonomian […]