5 Pasar di Tabalong Akan Direvitalisasi & Ditata Ulang

TABBALONG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong melakukan ekspose terkait revitalisasi dan penataan pasar yang ada di tabalong, pada 5 Juli 2021, di Aula Wisma Tamu Pendopo Bersinar Pembataan.

Ekspos dilakukan untuk revitalisasi 5 pasar yang ada di Tabalong, yaitu pasar tanjung, Pasar Kelua, Pasar Mabuun, Pasar Kapar, dan Pasar Wirang Kecamatan Haruai. Salah satu revitalisasi pasar yang disampaikan disperindag adalah Pasar Tanjung.

Melalui momentum pembangunan siring yang ada di belakang Pasar Tanjung, Kepala Disperindag Tabalong, Husin Ansari, dalam paparannya menjelaskan, kedepan Pasar Tanjung nantinya tidak hanya digunakan untuk berbelanja, namun juga bisa sebagai tempat berwisata.

“Momentum pembangunan siring yang ada di pasar tanjung itu kita gunakan untuk melakukan penataan dan revitalisasi, jadi kedepannya pasar itu bukan saja sebagai tempat berbelanja, tapi pasar juga sebagai objek destinasi wisata yang nyaman, yang bersih, yang bisa dinikmati oleh masyarakat di kabupaten Tabalong” Kata Husin Ansari, Kepala Disperindag Tabalong.

Disamping itu, Bupati Tabalong, menyampaikan pemikirannya untuk membangun group center atau pusat pertumbuhan baru, yang rencananya akan berlokasi di belakang pusat informasi pembangunan Tabalong.

“Pasar Tanjung ini sebenarnya ada pemikiran saya, tapi saya akan lihat nanti laporan terakhirnya, jadi saya ada pemikiran, yang bertahan di pasar tanjung hanya ikan, sayur dan pancarikinan, yang lainnya kelontongan obat dan lain lain itu akan kita pindahkan ke belakang pusat informasi pembangunan, maksudnya apa, supaya bisa mereka jualan sampai jam 10 jam 11, tetapi kalau lingkungan pasar Tanjung seperti tadi, bisa disini, kada perlu kita pindah pasar, tetapi kalau memang harus kita pindah, supaya kita ingin membangun group center baru, pusat pertumbuhan baru, jadi di pasar tanjung sudah, kemudian di belakang pusat informasi kita bangun lagi pust pertumbuhan baru” Kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Bupati Tabalong juga meminta, konsep pengelompokkan pedagang harus jelas dan berjalan dengan baik. Hal ini agar penataan mudah dan para pembeli tidak sulit untuk mencari kelompok pedagang yang dituju. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Bupati Tabalong: "Embrio Harus Dibentuk Bagi Pasar"

Sen Jul 12 , 2021
TABALONG – Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menyoroti operasional Pasar Wirang di Kecamatan Haruai, yang dinilai masih baru. Pendapat Bupati Anang, disampaikannya pada ekspos revitalisasi dan penataan pasar yang digelar Disperindag bersama SKPD terlait, dan para konsultan pada 5 Juli 2021. Menurut orang nomor satu di Tabalong ini, untuk meramaikan pasar […]