35 Ibu Rumah Tangga Belajar Cara Olah Makanan Berbahan Ikan Patin

TVTABALONG – Sebanyak 35 orang ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok Perempuan Indonesia Maju Mandiri, mendapatkan pelatihan keterampilan tata boga dari DP3AP2KB Tabalong. Pada pelatihan yang dilaksanakan pada 7 April 2021 lalu, peserta diajarkan cara pembuatan berbagai makanan olahan berbahan dasar komoditi lokal, yakni ikan patin.

Ikan patin yang telah diolah dengan cara diblender bersama bahan lainnya, menjadi bahan dasar untuk pembuatan 3 menu makanan siap saji, seperti nugget, sempolan, dan siomay. Perbedaan pembuatan ketiga menu makanan siap saji ini terletak pada takaran tepung, dan bahan dasar ikannya.

 “Bahan dari pembuatan nugget ikan itu bisa kita buat jadi sempolan, bisa juga jadi isian siomay. Jadi satu bahan-bahan itu ibunya nanti bisa mengkreasikan, bisa membuat 3 menu. Perbedaannya di tepung, kalo di nugget kita tepungnya lebih sedikit, ikannya,dagingnya lebih banyak. Kalo di sempolan kita tepungnya lebih banyak tepung, ikannya sedikit. Nah kalo di siomay seimbang.” Jelas Narasumber Pelatihan Keterampilan, Siti Fatimah.

Peserta pelatihan asal kelurahan Mabuun, Saimah, mengaku senang dengan adnaya pelatihan ini, ia bersama kelompok prima asal Mabuun pun bertekad terus mengasah keterampilan membuat makanan ini.

 “Kami sangat merasa senang dan bangga karena ini pengalaman buat kami, supaya kami bisa mempraktekkan mungkin di dalam rumah kami sendiri. Inshaallah nanti ada kami coba di dalam arisan kami, kan disitu setiap 1 bulan sekali, mungkin kami mencobanya nanti insyaallah.” Kata Peserta Pelatihan Keterampilan, Saimah.

Selain pembuatan ikan patin, para peserta juga diberikan pelatihan pembuatan bakso ayam, dan kacang sembunyi gurih. Pelatihan ini pun diharapkan dapat menumbuhkan peran kaum perempuan dalam meningkatkan perekonomian.  (Alfi Syahrin).

Next Post

Jelang Ramadhan, Penjualan Kurma di Tabalong Melonjak

Sab Apr 10 , 2021
TVTABALONG – Kurma menjadi salah satu makanan yang paling banyak dicari umat muslim saat bulan Ramadhan. Buah olahan ini seolah wajib disajikan setiap berbuka puasa. Kurang dari sepekan menjelang buah Ramadhan, pedagang kurma di Kabupaten Tabalong menjamur. Khususnya di wilayah Kecamatan Tanjung dan Murung Pudak. Para pedagang kurma ini membuka […]