3 Kecamatan Ini Bakal Miliki Peta Zona Nilai Tanah

Tabalong – Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Tabalong, bersama Badan Pertanahan Nasional, melakukan penandatangan perjanjian kerjasama, mengenai penyusunan zona nilai tanah. Kegiatan dilakukan sebelum dimulainya rapat koordinasi bulanan pemerintah kabupaten tabalong, pada kamis 12 maret 2020, di Gedung Informasi Tanjung.

Perjanjian kerjasama untuk membangun persamaan persepsi, sumber data dan pola kerja penyusunan peta kumpulan area bidang tanah, yang bersifat nyata sesuai penggunaanya. Data nantinya dimanfaatkan kedua belah pihak untuk kepentingan referensi dalam pelayanan administrasi pertanahan, dan penetapan nilai jual objek pajak atau N-J-O-P, pajak bumi bangunan dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan atau PBB dan BPHTB.

Kepala BPPRD Tabalong, Erwan Mardani mengatakan, waktu kerjasama penyusunan zona nilai tanah ini adalah per 2 tahun dengan lokasi kegiatan seluruh kecamatan se kabupaten tabalong. Kegiatan dilaksanakan secara bertahap, untuk di tahun 2020 kegiatan akan dilakukan di wilayah tengah Kabupaten Tabalong yakni Kecamatan Tanjung, Tanta Dan Murung Pudak. Pemerintah Kabupaten Tabalong telah menganggarkan dana 100 juta rupiah untuk penyusunan peta zona nilai tanah ini.

“Dokumen zona nilai tanah ini kita laksanakan efektif insyaallah mulai bulan april kami akan membentuk tim dan ada kami anggarkan lewat apbd kabupaten tabalong sebesar 100 juta rupiah. Nah untuk tahap pertama ini wilayah tengah yang kita prioriaskan, jadi Kecamatan Tanjung, Tanta Dan Murung Pudak.” kata Erwan.

Kepala Badan Pertanahan Nasional Tabalong, Agus Sugiono menyambut positif perjanjian kerjasama ini. Karena menurutnya Kementerian ATR BPN sudah mewajibkan pelayanan yang berkaitan dengan penerimaan negara bukan pajak, harus mengacu pada zona nilai tanah.

Sebenarnya ini gayung bersambut karena kami nantinya sebagai user menggunakan peta zona nilai tanah itu dalam pelayanan pelayanan yang kita lakukan pada masyaarakat. Tapi kali ini kita dilibatkan sebagai tim untuk melakukan bersama-sama untuk menyusun dokumen zona nilai tanah.” ucap Agus.

Penyususnan zona nilai tanah Kabupaten Tabalong, diharapkan akan memudahkan masyarakat. Setelah dokumen selesai, maka akan disusun payung hukum, speerti peraturan bupati. (Sherly)

Next Post

Berikan Fasilitas Nyaman, UPT Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Tabalong Sediakan “Sekarung Durian”

Sel Mar 17 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Unit Pelaksana Teknis Balai Uji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Tabalong, menyediakan ruang tunggu yang diberi nama unik, “sekarung durian”. Ruangan ini untuk menunjang kenyamanan dan keamnanan masyarakat dibidang pelayanan pengujian kendaraan bermotor. Ruang khusus sekarung […]
error: