3 Desa di Tabalong Ditargetkan Tahan Pangan Tahun Ini

TVTABALONG – Dinas Ketahanan Pangan Tabalong, tahun ini menargetkan 3 Desa rawan pangan dapat teratasi. Pasalnya hingga saat ini, dari 121 Desa di Tabalong, 13 diantaranya masih menyandang status rawan pangan.

Ke 3 Desa yang menjadi target tahan pangan tahun ini masih belum ditentukan. Namun, Dinas Ketahanan Pangan akan memilih 3 dari 7 Desa rawan pangan yang masuk prioritas ketiga. Diantaranya desa Bangkiling, Bangkiling Raya, Habau, Pampanan, Walangkir, Bumi Makmur, dan Desa Binjai.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tabalong, Norzain Ahmad Yani menuturkan, ke 7 Desa tersebut yang paling memungkinkan untuk dilakukan penanganan, agar menjadi Desa tahan pangan di tahun ini. Pasalnya, menurutnya penanganan Desa rawan pangan tidak hanya dari ketersediaan pangan yang cukup, tetapi juga meliputi akses jalan desa, pelayanan kesehatan, akses air bersih dan sebagainya.

 “Jadi ini merupakan apa namanya  index composit istilahnya ya dari berbagai sektor, jadi tidak cuma dari misalnya dari pertanian tetapi juga dari PU juga berperan terkait dengan infrastruktur kemudian Dinas Perdagangan terkait dengan apa namanya distribusinya ya, penyediaan warung misalnya yang menyediakan bahan pangan kemudian juga dari layanan kesehatan seperti adanya layanan tenaga kesehatan misalnya.” Tutur Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tabalong, Norzain Ahmad Yani.

Norzain menegaskan, upaya menangani desa rawan pangan memerlukan kerjasama dengan SKPD terkait. Sehingga Desa penghapusan Desa rawan pangan berjalan baik sesuai dengan target. (Arie Arieyadi).

Next Post

Sederhanakan Birokrasi Pejabat, Ini yang Dilakukan Pemkab Tabalong...

Kam Apr 15 , 2021
TVTABALONG – Pemerintah Kabupaten Tabalong berencana melakukan penyederhanaan birokrasi, dengan mengalihkan jabatan struktural ke fungsional, di tingkat pejabat pengawas eselon empat, seperti kepala seksi pada dinas, badan, serta uptd dinas dan badan. Penyederhanaan birokrasi dilakukan menindaklanjuti surat mendagri nomor 130, yang diterbitkan pada 26 maret 2021. Bagian organisasi setda Tabalong […]