2 Faktor Ini Jadi Sorotan Saat Rapat Antara Dinkes & Komisi I DPRD Tabalong

TVTABALONG – Komisi I DPRD Tabalong bersama Dinas Kesehatan Tabalong melakukan pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban tahun anggaran 2020 milik Dinas Kesehatan. Pada rapat yang digelar 29 Maret 2021, Komisi I mengevaluasi indikator kinerja di bidang kesehatan.

Pada kesempatan ini Dinas Kesehatan menyampaikan sejumlah indikator makro, seperti peningkatan usia harapan hidup, angka kematian ibu dan anak, serta kelengkapan sarana dan prasana. Salah satunya yang paling disoroti adalah ketersediaan bidan desa, dan penanggulangan covid-19.

Dalam kesempatan ini, Komisi I menyampaikan sejumlah masukan diantaranya terkait pembenahan data covid-19 serta ketersediaan Bidan desa di Tabalong. pasalnya sejumlah Desa di Tabalong mengalami kekosongan tenaga bidan.

“Untuk kegiatan covid kita pembenahan dari segi data, memang perlu ada verifikasi kenapa data kita sangat landai, ini harus dijelaskan secara factual kepada mereka, yang kedua masalah ketersediaan jumlah bidan, memang kita akui ada beberapa desa yang masih belum ada tenaga bidannya, ini kita sama-sama berembuk bagaimana mengatasi ketersediaan tenaga bidan ini karena ini menyangkut dengan angka kematian ibu dan bayi tadi.” Tutur Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr. Taufiqurrrahman Hamdie.

Dari berbagai pembahasan tersebut, Ketua Komisi I DPRD Tabalong, Supriani, menyarankan Dinas Kesehatan agar memberikan gambaran tuntas terkait target dan capaian realisasi dalam LKPJ. Sehingga pihaknya sebagai pengawas dapat melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya.

“Harapan kedepan kami memang mendapat kesulitan untuk kaitan antara target dengan realisasi dengancapaianrealisasiitupadaprinsipnyasetiaplaporan yang adapada format itubelumtergambartuntas, sampaisampaidalamistilahmerekaitu, outcome nyalah yang tidaktampilpada format laporanrealisasi program yang mereka laksanakan.” Jelasnya.

Supriani pun berencana meminta format LKPJ, sehingga kedepan dapat menyingkronkan pemahaman terkait kinerja SKPD. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Komisi III DPRD PPU Kunjungi PLUT Tabalong

Sel Mar 30 , 2021
TVTABALONG – Komisi III DPRD kabupaten Penajam Paser Utara melakukan kunjungan kerja ke Dinas Koperasi dan UKM Tabalong, pada 26 Maret 2021. Kunjungan dilaksanakan di Pusat Layanan Terpadu Koperasi dan UKM Tabalong. Pada kunjungan kerja ini, komisi 3 DPRD Penajam Paser Utara bersama Dinas Koperasi UKM Tabalong membahas pengembangan dan […]