19 Kelompok Tani di Tabalong Bakal Terima Bantuan Bibit Bawang & Cabai Dari Kementan

TVTABALONG – Dinas Pertanian Tabalong, bersiap akan menyalurkan bantuan sarana produksi pertanian hortikultura dari Kementerian Pertanian RI tahun 2021. Bantuan saprodi pertanian tersebut disiapkan untuk membantu perekonomian masyarakat.

Bantuan saprodi hortikultura meliputi bibit dan pupuk, yang diprioritaskan bagi kelompok tani horti. Bibit yang disiapkan berupa bibit bawang merah yang disediakan untuk lahan 15 hektar, serta bibit berbagai jenis cabai untuk lahan seluas 25 hektar.

Kepala bidang hortikultura Distan Tabalong, suhadi, menjelaskan bantuan ditargetkan bagi 19 kelompok tani di Tabalong. Syarat untuk mendapatkan bantuan ini ditujukan bagi kelompok tani atau gabungan kelompok tani yang dalam satu desa memiliki lahan minimal 10 hektar.

 “oh iya yang kebijakan kementerian pertanian itu kan pertama kalau ingin mendapatkan bantuan dari kementrian pertanian pertama kelompok tani harus terdaftar di semlotan, yang kedua memiliki kawasan 10 hektar per desa, jadi bisa beberapa kelompok tani tetapi itu mewajibkan 10 hektar per desa, kelompok tani bina rukun sudah 5 hektar jadi kita ini bisa menjadi pertimbangan kita yang cukup besar karena tinggal mencari 5 hektar dari kelompok tani yang lain.” Kata Suhadi, Kabid Hortikultura Distan Kabupaten Tabalong.

Bantuan diharapkan dapat berdampak pada kestabilan harga di pasaran. Pasalnya bantuan bibit merupakan komoditas yang seringkali mempengaruhi inflasi di Tabalong dan sekitar. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Dari Pupuk Hingga Bibit Cabai Bakal Didistribusikan Dinas Pertanian Tabalong

Sen Jun 7 , 2021
TVTABALONG – Dinas Pertanian Tabalong menyiapkan bantuan sarana produksi pertanian, program kegiatan pengembangan tanaman hortikultura, yang bersumber dari apbd 2 tahun 2021 Kabupaten Tabalong. Secara rinci bantuan saprodi yang akan diberikan berupa benih, fungisida, pestisida, kapur, pupuk kandang, dan mulsa. Kepala bidang hortikultura Dinas Pertanian Tabalong, suhadi, menjelaskan bantuan yang […]