11 Gapoktan Jadi Sasaran Bantuan Saprodi Distan Tabalong

TVTABALONG – Dinas Pertanian Tabalong akan menyalurkan bantuan sarana produksi pertanian hortikultura yang bersumber dari APBD dua tahun 2021, ke kelompok tani yang ada di 11 desa pada 5 kecamatan. Kelompok tani penerima bantuan saprodi dipilih karena dinilai cocok mengembangkan tanaman hortikultura.

Kelompok tani dari 11 desa yang dimaksud adalah kelompok tani dari desa kembang kuning dan kinarum Kecamatan Upau. Desa Nawin, Hayup dan Marindi Kecamatan Haruai. Kelurahan Jangkung Kecamatan Tanjung. Desa Uwie, Palapi, Lumbang dan Ribang Kecamatan Muara Uya. Serta desa usih Kecamatan Bintang Ara.

Bantuan yang diberikan salah satunya berupa benih, yaitu benih cabai, tomat, jahe, dan penangkaran bawang emrah. Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Tabalong, Suhadi, mengharapkan bantuan bisa meningkatkan kesejahteraan petani sesuai kehendak epmerintahd aerah. Serta dapat memperluas cakupan budidaya Hortikultura di Tabalong.

 “Target utama kita adalah peningkatan ekonomi petani sendiri kemudian penangan inflasi yang jelas, harga hortikultura di tabalong tidak begitu naik turun nya tidak begitu jauh” Kata Suhadi, Kabid Holtikultura Distan Kabupaten Tabalong.

Suhadi, berharap bantuan dapat meningkatkan minat kelompok tani mencoba membudidayakan tanaman di bidang hortikultura. (M. Arie Arieyadi).

Next Post

Poktan Bintang Ara Tanam Jagung Varietas Baru Untuk Pakan Ternak

Sen Jun 7 , 2021
TVTABALONG – Kelompok Tani Sinar Pagi Desa Bintang Ara Kecamatan Bintang Ara, melakukan tanam perdana jagung Varietas RK 457 UM 2, pada 2 Juni 2021. Kegiatan tanam perdana ini turut dihadiri Dinas Pertanian Tabalong serta Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Tabalong. Benih jagung yang ditanam kali ini […]