100 Rumah Tidak Layak Huni Mendapat Program BSPS Dari Kementerian PUPR Tahun 2020

Tabalong – Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, melalui Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Kalimantan 2 SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi kalsel, telah mengeluarkan Surat Keputusan tertanggal 11 September 2020, mengenai daftar penerima bantuan stimulan perumahan swadaya atau BSPS tahun anggaran 2020, untuk wilayah Tabalong.

Berdasarkan SK tersebut, sebanyak 100 rumah tidak layak huni yang tersebar di 4 desa di 2 kecamatan, masuk dalam program BSPS pusat tahun 2020. Yakni desa Habau dan desa Pematang kecamatan Banua Lawas, masing-masing desa sebanyak 25 unit rumah, desa Mahe Pasar kecamatan Haruai 22 unit rumah, dan Desa bongkang kecamatan Haruai 28 unit rumah.

Bantuan ini ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, dan memiliki rumah tidak layak huni. Bantuan yang diberikan kepada penerima berupa uang sebesar 17 juta 500 ribu rupiah untuk peningkatan kualitas rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni. Dana tersebut diatur penggunaannya, 15 juta untuk membeli material bangunan, dan 2 juta 500 ribu rupiah membayar biaya tukang.

Bantuan ini, tidak lepas dari upaya dan dukungan pemerintah kabupaten tabalong, dalam hal ini dinas perumahan rakyat kawasan permukiman dan pertanahan Tabalong. Kasi penyediaan perumahan disperkimtan tabalong, amin suratno mengatakan, pihaknya terus berupaya agar rumah tidak layak huni di Tabalong dapat mendapat bantuan perbaikan.

Memang untuk tahun ini kita hanya dapat 100 karena tahun kemarin cukup banyak di kalsel ada 1.140 penerima bantuan sehingga untuk tahun ini kuota kaya nya dari pusat dikurangi, dan itupun tahun ini dapat di T2 tahap 2 sedangkan t0 dan T1 kita gak dapat, baru di T2 kita dapat dan itupun hasil rapat kami dengan dirjen perumahan pada waktu itu sehingga kami dapat diberikan kuota 100 unit” kata Amin Suratno

Amin menambahkan, karena  SK sudah diterima, maka bantuan uang tersebut ditransfer ke rekening penerima bantuan. Setelah itu si penerima bisa membeli material bangunan melalui suplier yang sudah ditentukan, sehingga apabila barang pengiriman tahap 1 sudah sampai, maka penerima bantuan bisa langsung memperbaiki rumahnya.

Next Post

22 Warganya Dapat Program BSPS Pusat Tahun 2020, Kepala Desa Mahe Pasar Berikan Apresiasi

Sen Sep 28 , 2020
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Tabalong – Sebanyak 100 orang masyarakat Tabalong yang berpenghasilan rendah dengan rumah tidak layak huni, mendapat program bantuan stimulan perumahan swadaya atau bsps dari kementerian tahun anggaran 2020. Dari 100 penerima program BSPS tersebut, 22 orang diantaranya […]
error: