10 Desa/Kelurahan di Kecamatan Murung Pudak Terima Kendaraan Angkutan Sampah

TVTABALONG – Bupati Tabalong menyerahkan secara simbolis bantuan pinjam pakai angkutan sampah berupa kendaraan roda tiga kepada 10 kelurahan yang ada di kecamatan murung pudak. Penyerahan yang dilakukan pada 27 Mei 2021 di aula pendopo bersinar pembataan ini diterima lurah dan kepala desa.

Angkutan sampah ini merupakan bantuan dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan republik Indonesia, yang disalurkan melalui Dinas Lingkungan Hidup Tabalong. Bantuan bersumber dari dana alokasi khusus bidang Lingkungan Hidup KLHK senilai 345 juta rupiah.

Kesepuluh kelurahan Mabuun, Pembataan, Sulingan, Belimbing dan Belimbing Raya, Desa Kasiau, Desa Kasiau Raya, Maburai, Kapar, serta Desa Masukau. Kepala DLH Tabalong, Rowi Rawatianice mengatakan, terpilihnya kecamatan murung pudak ini merupakan hasil usulan musrenbang beberapa waktu lalu.

“Karena mereka mengsulkan mekanismenya melalui musrenbang, mereka menguslkan bahwa mereka butuh tossa, jadi kami sekaligus juga mengingatkan, bagi kecamatan kecamatan lain yang ingin, silahkan mengikuti mekanisme, usulkan melalui musrenbang dulu, nanti kami akan kumpulkan, kita akan coba untuk usulkan dana DAK sistemnya seperti itu” Kata Rowi Rawatianice, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong.

Camat Murung Pudak, Rahmatullah Putra Perdana, memberikan arahan kepada para lurah maupun kepala desa yang mendapat bantuan ini agar dapat memanfaatkannya untuk membantu dlh dalam mengelola masalah persampahan.

“Jadi terkait masalah ini kami berharap kepada kepala desa dan lurah bisa memanfaatkan momen ini, memanfaatkan kendaraan roda 3 ini supaya membantu dalam pengelolaan sampah terutama ditempat tempat yang mungkin boleh dibilang kumuh lah didaerah desa dan kelurahannya masing masing, jadi kalau kedepannya memanf bagus pwngelolaannya, tidak menutup kemungkinan ada bantuan lain dari DLH” Kata Rahmatullah Putra Perdana, Camat Murung Pudak.

Lurah Mabuun, Rizky Kurniadi, mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan kendaraan ini untuk mengangkut sampah di komplek perumahan yang tidak dapat dijangkau oleh mobil angkutan dari DLH Tabalong.

Rencananya untuk kelurahan mabuun sendiri inj nanti akan diarahkan ke komplek komplek perumahan, karena untuk dijalan utama sudah di backup langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup, jadi arahnya ini kami akan langsung kepada komplek komplek perumahan yang mungkin tidak terjangkau TPS ataupun armada dari DLH”  Kata Rizky Kurniadi, Lurah Mabuun.

Sesuai dengan aturan yang berlaku, tahun pertama kendaraan ini akan dipinjam pakaikan. Namun DLH Tabalong tetap melakukan pengawasan dan evaluasi, jika kinerja dari kelurahan maupun desa tersebut bagus dan sesuai mekanisme yang ada, maka tidak menutup kemungkinan, DLH Tabalong akan menghibahkan kendaraan roda 3 tersebut. (Muhammad Ariadi).

Next Post

Pemkab Tabalong Mantapkan Pengembangan Layanan Air PDAM

Kam Jun 3 , 2021
TVTABALONG – Perusahaan Daerah Air Minum, PDAM Tabalong berencana melakukan pengembangan SPAM di 12 kecamatan se Tabalong. Untuk memantapkan perencanaan, pdam bersama pemkab tabalong dan pihak terkait menggelar rapat pada 31 Mei 2021. Rapat dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Yuhani, di ruangannya. Rencana pengembangan SPAM ini akan dilakukan […]