10 Desa Diberi Bekal Pengembangan Perpustakaan

Tabalong – Dinas Perpustakaan Dan Kearsiapan Kabupaten Tabalong, berikan pelatihan strategi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial, bagi 10 perpustakaan desa di Tabalong. Pelatihan ini untuk membekali pengelola perpusdes dalam mengembangkan oeroustakaan desa, untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam pelatihan ini setiap desa mengirimkan 3 orang perwakilannya, yang terdiri dari pengelola perpustakaan desa, pkk, dan karang taruna. Perserta diberikan pelatihan selama 3 hari dari 17 hingga 19 Maret.

Kepala dinas perpustakaan dan kearsipan Tabalong, Abu Bakar, menjelaskan, pelatihan  untuk mempersiapkan perpustakaan desa, agar mampu berperan meningkatkan literasi kesejahteraan. Sehingga dapat berdampak pada meningkatnya edukasi dan ekonomi masyarakat pedesaan.

“literasi kesejahteraan artinya kehadiran perpustakaan di masing-masing desa ini akan membawa dampak ekonomi bagi desa masing-masing, oleh karena itu kita berharap inklusi sosial ini dalam bentuk memberikan jawaban jawaban masalah-masalah masyarakat yang ada di masyarakat baik masalah pendidikan, masalah ekonomi dan lain-lainya sehingga ini akan memberikan satu dampak ekonomi terhadap mereka.” kata Abu Bakar.

Abu Bakar meminta masing-masing desa dapat melihat potensi di desanya. Sehingga bahan pustaka dapat disesuaikan dengan potensi desa, dan warga pun teredukasi untuk memanfaatkan potensi desa sesuai dengan ilmu yang didapat dari bacaan. Misalnya seperti buku cara bertani yang baik, dan berkebun yang baik. (Munawarah)

Tinggalkan Balasan

Next Post

Ada PUBG Di Balai Uji Kendaraan Tabalong!

Rab Mar 18 , 2020
Tabalong – Unit Pelaksana Teknis Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Tabalong, menerapkan inovasi pelayanan baru terkait pengujian kendaraan bermotor, berupa pelayanan drive thru ini. Inovasi layanan ini merupakan yang pertama kalinya di Kalimantan, dan hanya ada di UPT Balai Uji Kendaraan Bermotor Kabupaten Tabalong. Pelayanan drive thru ini diberi […]